LAMARAN
Pekerjaan sebagai tempat mengembangkan karier tidak
akan datang begitu saja. Kita perlu melakukan usaha yaitu apa yang kita sebut
dengan lamaran. Yaitu kita perlu mengirimkan surat lamaran yang menyatakan
bahwa kita hendak melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
Ada suatu pengalaman dari bagian HRD di suatu
perusahaan yang hendak mencari Supervisor Produksi untuk 1 posisi lowongan
pekerjaan. Tidak sampai 1 bulan, sudah terdapat 337 pelamar yang mengirimkan
surat lamaran.
Tidak memungkinkan semua 337 pelamar dipanggil untuk
dilakukan seleksi baik melalui tes tulis maupun tes wawancara. Untuk pertama
dilakukan seleksi administrasi yang dilakukan secara obyektif dan akhirnya
terdapat 42 pelamar yang memenuhi persyaratan akademis yang diinginkan.
Jumlah 42 pelamar pun tidak memungkinkan untuk
dilakukan tes selanjutnya, untuk itu terjadi proses seleksi yang cenderung
subyektif. Untuk itu perlu adanya pembuatan surat lamaran yang baik dan benar
serta menarik.
Berikut adalah beberapa tips dalam membuat surat
lamaran pekerjaan.
- Typo,
perhatikan setiap ejaan kata yang diketik, untuk memastikan tidak ada
kesalahan karena hal tersebut dapat membuat perusahaan ragu untuk
mempekerjakan Anda karena Anda dianggap ceroboh.
- Format
surat, jangan menggunakan ukuran huruf yang terlalu
kecil dan terlalu besar, idealnya gunakan ukuran huruf 12 dan font yang
standar.
- Singkat
dan padat, sampaikan maksud kita untuk melamar
dengan singkat dan padat, karena jika terlalu panjang maka akan membuat
malas orang untuk membaca.
Saat ini begitu mudah mencari informasi lowongan
pekerjaan karena banyak perusahaan yang memasang iklan lowongan pekerjaan
tersebut di dunia online.
Begitu pula cukup mudah dalam melamar pekerjaan dari
lowongan pekerjaan tersebut, karena dari berbagai website penyedia lowongan
kerja tersebut telah disediakan dan dipermudah dalam melamar pekerjaan
tersebut.
Namun banyak calon pelamar kerja yang merasa kesulitan
dalam mendapatkan pekerjaan. Sehingga menjatuhkan mental calon pelamar kerja
serta tak jarang pula yang mencap dirinya bodoh dan tidak mempunyai kemampuan.
Ada beberapa alasan mengapa beberapa orang tidak
kunjung mendapatkan pekerjaan, diantaranya adalah :
1. Tidak sesuai kriteria,
terdapat beberapa orang dikarenakan kesal tidak kunjung dipanggil untuk tes
kerja, mereka akhirnya gelap mata dengan meng-apply semua lowongan kerja yang
ada tanpa memperhatikan kualifikasi dan kriteria karyawan yang dibutuhkan. Hal
ini sebaiknya dihindari.
2. Kalimat tidak tepat,
dalam penulisan dalam surat lamaran kerja terkadang kita menggunakan kata-kata
yang berlebihan sehingga dirasa tidak tepat, kata tersebut misalnya adalah
“Saya orang yang cepat belajar”. Lebih baik kita menuliskan apa yang benar-benar
menjadi kelebihan kita.
3. Pendekatan yang salah,
jangan menggunakan pendekatan dengan maksud pemanfaatan, misalnya kita
berkenalan dengan karyawan perusahan kemudian kita basa-basi namun
ujung-ujungnya adalah menyodorkan surat lamaran, ini bukanlah networking yang
baik.
4. Mengenai waktu,
jangan sampai dikarenakan sibuk mencari informasi lowongan kerja kemudian kita
menghabiskan waktu 100 persen untuk mendaftar pekerjaan. Ada baiknya waktu
tersebut kita gunakan dengan mengikuti komunitas atau organisasi yang ada untuk
membangun jaringan atau networking sehingga terkesan lebih professional.
No comments:
Post a Comment